Profil Lulusan & Capaian Pembelajaran

Profil Lulusan

  1. Pengambil keputusan pelayanan gizi.
  2. Pelayanan gizi merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang memerlukan sumber daya manusia yang kompeten untuk menetukan pelayana gizi yang tepat diberikan bagi setiap indivisu maupun masyarakat.
  3. Manajer dan care provider pelayanan gizi.
  4. Kepala unit pelayanangizi bertugas memimpin penyelenggaraan pelayanan gizi yang meliputi penyusunan perencanaan pelayanan gizi, menyusun rencana evaluasi pelayanan gizi, melaksanakan pengawasan dan pengendalian, melaksanakan pengkajian data kasus, dan melaksanakan penelitian data dan pengembangan.
  5. Supervisor pelayanan Gizi.
  6. Supervisor bertugas mengawasi dan mengendalikan proses penyelenggaraan pelayanan gizi mulai dari perencanaan sampai dengan pendistribusian dan pelayanan.
  7. Supervisor pendidikan dan pelatihan gizi.
  8. Berperan sebagai komunikator untuk memberikan informasi tentang pendidikan dan pelatihan gizi terutama di masyarakat terutama mengenai pedoman gizi seimbang.
  9. Inspirator gizi di masyarakat (Community Leader).
  10. Pelaksana penelitian ilmiah.
  11. Wirausaha

 

Capaian Pembelajaran

Pendidikan pada Program Studi Gizi UNSIKA diselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester, dimana beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggara program pendidikan dinyatakan dalam kredit.

  1. Satu SKS beban akademik dalam bentuk kuliah setara dengan upaya mahasiswa yang meliputi 50 menit tatap muka, 60 menit kegiatan terstruktur dan 60 menit kegiatan mandiri per minggu selama satu semester.
  2. Untuk Dosen, satu SKS berarti 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan mahasiswa, 60 menit acara perencanaan dan evaluasi kegiatan akademik terstriktur dan 60 menit mengembangkan materi kuliah
  3. Satu SKS kegiatan praktikum setara dengan 100 menit kerja di laboratorium per minggu selama satu semester.
  4. Satu SKS kuliah kerja lapangan setara dengan 240 menit kerja lapangan per minggu selama satu semester.
  5. Satu SKS beban akademik dalam bentuk penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir adalah beban tugas penelitian sebanyak 3 sampai 4 jam per minggu selama satu semester.
  6. Standar Kompetensi Lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan, yang merupakan cerminan dari kompetensi lulusan di bidang kerjanya.
  7. Standar kompetensi lulusan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, dan standar pembiayaan pembelajaran. Program Studi Gizi memiliki rumusan capaian pembelajaran yang mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan memiliki kesetaraan dengan jenjang kualifikasi KKNI yaitu pada jenjang 6.